kt

Sosialisasi Perencanaan Program Ekowisata Karang Taruna “Bersatu”

Pringgaselaselatan.desa.id, Karang Taruna “Bersatu” kembali mengadakan kegiatan yang bertempat di aula kantor desa Pringgasela Selatan pada hari  Rabu 22 Februaru 2017 terkait sosialisasi tentang perencanaan ekowisata berbasis masyarakat. Acara sosialisasi perencanaan komunitas ini dilakukan di 6 desa yang tergabung dalam Forum Batur Bongkot salah satunya Pringgasela selatan.Pada acara sosialisasi ini dihadiri oleh tamu undangan dari berbagai elemen dan tokoh masyarakat, diantaranya tokoh pemuda,tokoh agama,penenun,ketua LPMD,ketua BUMDes,perwakilan For Bongkot, Gema Alam NTB ,peserta KKN Tematik UNRAM,Pak Kades dan dua orang Kaurnya. Acara ini terlaksana atas kerjasama Karang Taruna bersama kawan-kawan dari Gema Alam NTB selaku pendamping dan anggota komunitas Forum Batur Bongkot.Acara sosialisasi ini dimulai pada pukul 09.30 Wita dengan di buka oleh sambutan dari Yasrin Ammar selaku ketua Karang Taruna “Bersatu” , di lanjutkan dengan sambutan dari Pak Sukawandi selaku sekjen Forum Batur Bongkot , dan Pak. H.Zikrullah selaku kepala desa Pringgasela selatan serta Mirajul Huda selaku pemateri. Ada hal yang berbeda pada acara sosialisasi kali ini yakni  pengurus Karang Taruna melibatkan teman-teman KKN sebagai panitia acara dimana Dwi sebagai pembawa acara, dan yang lain mengurus konsumsi dan registrasi.

Tujuan dari sosialisasi ini tidak lain adalah untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya melestarikan dan mengelola potensi yang ada di desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemuda pringgasela Selatan dalam upaya mengembangkan Ekowisata ini tentu sangat membutuhkan dukungan dan peran dari pemerintah dan masyarakat. Melihat permasalahan yang ada di desa dimana selama ini masyarakat  seolah-olah menjadi tamu di rumah sendiri dengan kata lain sumber daya yang ada di desa tidak dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat sedangkan yang menikmatinya adalah masyarakat luar. Hal ini bisa kita lihat Pringgasela selatan dimana potensi air bersih yang ada di Pancor Kopong justru dimanfaatkan oleh Masbagik sedangkan warga yang ada di kekadusan Pancor Kopong masih banyak yang kekurangan air bersih. Itulah sebabnya melalui program ekowisata ini potensi yang ada di desa bisa dikelola sebaik mungkin seperti yang dikatan pak Sukawandi selaku sekjen ForBongkot “Melalui ekowisata ini masyarakat tidak lagi menjadi tamu dan penonton di rumah sendiri,segala bentuk potensi yang ada di desa bisa kita manfaatkan sebaik mungkin untuk kesejahteraan bersama dengan melibatkan peran masyarakat di dalamnya tidak seperti yang terjadi selama ini kita selalu kecolongan oleh investor asing sedangkan  masyarakat hanya berjalan sendiri-sendiri dan muaranya hanya akan kembali ke kepentingan pribadi semata”.

Materi yang di sampaikan pada sosialisasi ini tentang konsep ekowisata dan tenun. Ekowisata sendiri adalah salah satu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran. Untuk mewujudkan hal ini harus secara bertahap ” untuk Pringgasela selatan kita mulai dari potensi tenun yang ada karena tenunmerupakan icon desa sejak dulu yang harus di lestarikan ” sambut Yasrin selaku ketua Karang Taruna. Yang membedakan pariwisata dan ekowisata adalah ketiga aspek tersebut yakni Ekologi,Edukasi dan Konservasi dimana pariwisata hanya berkutat pada aspek kepuasaan seperti yang dikatan Mirajul Huda selaku pemateri ” Dalam pariwisata aktivitas pengunjung hanya sekedar datang menikmati keindahan dan setelah merasa puas mereka pulang , berbeda halnya dengan aktifitas dalam ekowisata ada aspek pembelajaran yang mereka dapat begitu pula di tenun ini ketika mereka berkunjung mereka akan tahu bagaimana sejarah tenun itu sendiri dan mereka bisa mencoba membuatnya sehingga mereka tahu alasannya kenapa sehelai kain tenun lebih mahal ketimbang jeans yang mereka pakai”.

Acara sosialisasi ini berjalan cukup lancar dengan berbagai pertanyaan dan masukan dari tamu undangan yang hadir. Adapun masukan dan pertanyaan dari tamu undangan adalah sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap Karang taruna “Bersatu ” Pringgasela selatan untuk tetap komitmen atas program yang telah direncanakan dan tetap berkarya untuk masyarakat yang lebih baik.Kegiatan sosialisasi ini selesai sekitar pukul 12.00 Wita sembari foto bersama para peserta sosialisasi. (Joe)

Tinggalkan Balasan