Sosialisasi Bersama KKN UNRAM

IMG_20170214_203122

Karang Taruna, Bertempat di Aula Kantor Desa Pringgasela Selatan pada tanggal 14 Februari 2017 Karang Taruna “Bersatu” Pringgasela Selatan resmi menerima kedatangan teman-teman dari KKN UNRAM. Pada kesempatan ini baik dari teman-teman KKN maupun Karang Taruna mensosialisasikan program yang akan mereka jalankan. Perlu diketahui bahwa ini adalah pertama kalinya Pringgasela Selatan dijadikan sebagai lokasi program KKN UNRAM dan tentunya pak H.Zikrullah selaku Kepala Desa menyambut dengan baik kedatangan mereka setelah sebelumnya dilakukan pelepasan oleh pemerintah desa di pagi hari, menurut beliau dengan adanya program KKN di desa dapat membantu program yang dijalankan oleh desa baik dari Karang Taruna maupun Lembaga lainnya yang dimiliki desa.

Peserta KKN UNRAM 2017 ini terdiri dari 5 orang laki-laki dan 10 orang perempuan yang berasal dari fakultas FKIP ,Pertanian, dan Ekonomi . Setelah sebelumnya mereka melakukan surve untuk mencari lokasi posko yang bisa mereka tempati ada beberapa tempat yang ditunjukan oleh teman-teman Karang Taruna akan tetapi karena budget yang terbatas ahirnya mereka ditawarkan oleh ibu dari Dewi salah satu teman KKN mereka yang berasal dari Gubuk Rempung desa Pringgasela Selatan karena kebetulan ayahnya sedang pergi merantau untuk tinggal di rumahnya.

Setelah memaparkan program-program mereka kepada pengurus Karang Taruna ternyata ada beberapa program yang bersinergi dengan programnya Karang Taruna. Adapun program dari teman KKN ini lebih di fokuskan ke pendidikan karena mereka kebanyakan berasal dari FKIP , program yang akakan mereka lakukan anatara lain, pemberdayaan PAUD, Penghijauan lokasi wisata, pemasaran kerajinan tenun melalui media online, pembuatan pestisida nabati, pengelolaan sampah dengan menyediakan bak sampah, penamaan gang, pendataan potensi desa,dll. Sehingga tema KKN yang mereka ambil adalah “Penigkatan Mutu Sumberdaya Manusia Melalui Pemberdayaan Pendidikan Serta Pegembangan di Bidang Ekonomi dan Pertanian di Pringgasela Selatan “.

Sedangkan dari Karang taruna sendiri mempunyai beberapa program terkait ekowisata berbasis masyarakat , seperti yang di paparkan Yasrin selaku ketua Krang Taruna “Bersatu” bahwa Karang Taruna saat ini sedang merintis ekowisata berbasis masyarakat dimana Karang Taruna Bersatu dalam hal ini tergabung dalam Form Batur Bongkot yang terdiri dari 6 desa yakni desa Sapit , Suela , Mekar Sari , Beriri Jarak, Jurit Baru ,dan Pringgasela selatan. Forum Batur Bongkot (FBB) adalah suatu wadah dari ke enam desa untuk menyuarakan aspirasi dan bersama-sama mencari solusi terkait permasalahan yang sedang mereka hadapi dimana FBB ini sendiri bekerjasama dengan Gema Alam NTB (Gerakan Pecinta Alam) dan RMI Bogor (Rimbauan Muda Indonesia) yang bergerak di dalam pemeberdayaan masyarakat.(Joe)

 

Tinggalkan Balasan