Sekolah Tenun Desa Pringgasela Selatan

Foto Kunjungan SMA High Field Jakarta 

Pringgaselaselatan.desa.id, Sekolah Tenun merupakan salah satu program yang digagas oleh Kelompok Nine Penenun Desa Pringgasela Selatan,Kabupaten Lombok Timur.Sekolah Tenun ini sendiri dilatar belakangi oleh kepedulian akan kelestarian budaya yang menjadi tradisi turun menurun di Desa Pringgasela.Tradisi menenun ini sekarang sudah mulai terkikis oleh perkembangan zaman,hal ini dikarenakan para generasi muda menganggap bertenun adalah pekerjaan yang kurang menghasilkan jika dibandingkan dengan pekerjaan yang lain.Bagaiman tidak untuk menghasilkan satu helai kain saja membutuhkan waktu yang cukup lama kurang lebih sampai satu bulan jika melalui proses pewarnaan alami dan dikerjakan sendiri .Disisi lain harga tenun gedogan ini juga terkadang tidak sesuai dengan prosesnya dan juga kesulitan dari segi pemasaran.Hal inilah yang membuat generasi muda enggan untuk menggeluti tenun ini.

       Foto Kunjungan Oxfam ke Bale Tenun

         Atas dasar itu semua beberapa penenun yang mempunyai cita- cita bersama untuk melestarikan budaya tenun ini membuat sebuah kelompok yang dinamakan Nine Penenun atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai para wanita penenun. Untuk menarik perhatian generasi muda maka munculah ide tentang Sekolah Tenun.
Sekolah Tenun ini sendiri dijadikan sebagai salah satu paket wisata yang diorganisir oleh Kelompok Nine Penenun dan Pokdarwis Pringgasela Selatan. Adapun kegiatan disekolah tenun ini antara lain memgajarkan kepada generasi muda dan para pengunjung tentang sejarah tenun songket Pringgasela, makna-makna yang terkandung dalam motif tenunan, dan memgajarkan tentang proses bertenun.(KT)

Tinggalkan Balasan