LEBIH DEKAT BERSAMA KAIN SESEK PRINGGASELA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pringgaselaselatan.desa.id, Jika mendengar  kata kain sesek (kain tenun) pasti yang terlintas dalam pikiran adalah selembar kain hasil tangan manusia yang dibuat menggunakan alat sederhana yang berbahan dasar kayu dan motifnya cenderung tidak trendi atau modern. Namun jika lebih dilirik kain   sesek ini dapat dipadu padankan dengan fashion zaman sekarang. Salah satu desa yang menjadi penghasil kain sesek atau kain tenun di daerah Lombok adalah desa Pringgasela. Uniknya sebagian besar perempuan di desa ini bisa menenun, dan nyesek (membuat kain tenun) merupakan penghasilan tambahan bagi sebagian besar perempuan di desa Pringgasela.Pemuda  Desa Pringgasela baru-baru ini akan mencanangkan program rekor muri 1350 penenun yang dirangkaikan dengan acara alunan budaya desa ke-3 sebagai bukti bahwa desa Pringgasela benar-benar surganya kain tenun.   Dan tentu saja sudah menjadi kewajiban masyarakat  untuk melestarikan  budaya yang telah ada, dalam hal ini kain sesek Pringgasela sebagai ikon desa agar tidak hanya dipandang sebelah mata.

Salah satu kesan yang bisa didapatkan saat pertama kali melihat kain sesek Pringgasela adalah kata mewah. Dilihat dari padu padan warna yang sudah terlihat mulai modern karena tidak hanya terdiri dari satu atau dua warna namun memiliki banyak variasi sehingga terlihat elegan dan kekinian. Ditambah dengan sentuhan motif yang unik namun bermakna. Berikut adalah gambar dari beberapa kain sesek yang ada di Pringgasela.

 OLYMPUS DIGITAL CAMERA

 

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Mewahnya kain sesek Pringgasela dapat dibuktikan dengan beberapa kain yang telah dipakai oleh beberapa mahasiswa Universatas Mataram berikut ini.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

TIM REDAKSI KKN  
TEMATIK UNRAM 2017
DESA PRINGGASELA SELATAN

 

Tinggalkan Balasan