Kunjungan Dosen UI dan Rumah Kreatif Lombok Timur ke UKM Pringgasela Selatan

Foto by Admin

Pringgaselaselatan.desa.id, Potensi yang dimiliki Desa Pringgasela Selatan tidak hanya dari segi alamnya ,dibalik itu semua terdapat beberapa UKM yang ada di masyarakat.Beberapa UKM yang sudah cukup berkembang diantaranya Batik Sasambo yang terletak di kekadusan Pancor Kopong dan Ragam produk Tenun yang dikembangkan oleh Kelompok Nine Penenun Dusun Gubuk Lauk Desa Pringgasela Selatan.

 

Foto by Admin

Melihat perkembangan kedua potensi di atas tim Rumah Kreatif Lombok Timur bersama Tim Dosen UI melakukan riset terkait perkembangan UKM di Lombok Timur Hari Kamis 19 Juli 2018. Tim Riset sendiri terlebih dahulu mengunjungi Industri Batik Sasambo yang terletak tidak jauh dari kantor Desa Pringgasela Selatan yakni di Kedondong Kekadusan Pancor Kopong. Di antar oleh Didik dari RKB Lotim mereka langsung menemui pak Kusman selaku pimpinan di Batik Sasambo. Wawancara pun dimulai sekitar pukul 14.30 Wita sampai pukul 15.00 Wita dan dilanjutkan dengan foto bersama.

 

Foto by Didik RKN Lotim

Selesai melakukan wawancara di Batik Sasambo Tim Riset melanjutkan penelitiannya ke Bale Tenun dan Bertemu dengan beberapa pengurus Kelompok Nine Penenun Desa Pringgasela Selatan.Adapun yang mereka tanyakan adalah mengenai bagaimana awal mula terbentuknya UKM ini ,seperti apa perjuangan mereka sampai bisa berkembang seperti sekarang dan lain-lain mengenai bagaimana mereka berproses. “Riset yang kami lakukan ini untuk mengetahui sejauh mana perkembangan UKM yang ada di Lombok khususnya Lombok Timur dan Mataram” papar Ibu.Mega dari UI. Sebelumnya Kelompok Nine Penenun ini sudah sempat di datangi oleh peneliti dari UI dan ITB. Kita semua berharap ke depannya pemerintah bisa lebih memperhatikan UKM-UKM yang ada di Lombok Timur ini .(KT)

Tinggalkan Balasan