Cerita Rakyat Lombok : Amaq Kiluk dan Istrinya

Sumber : Edukasi Chanel

           Sumber Gambar : Edukasi Chanel

Ada satu cerita seorang bernama Ama’ Kiluk dari Dusun Sengkerek, Desa Distrik Kopang.Amaq Kiluk itu sudah lama tidak berbicara dengan istrinya,karena tidak disediakan lauk-pauk waktu makan.Karena Amaq Kiluk yang benci pada istrinya, meskipun istrinya menyediakan dirinya makanan, tapi tidak mau dimakannya. Lebih baik ia sendiri membuatkan dirinya makananan . Oleh karena itu istrinya tidak mengerjakan sesuatu apa.

Diceritakan disuatu pagi, Ama’ kiluk masak sendiri , berupa daun bebante beserta ubi dengan bumbu asam manis.Tidak lama masakannyapun mendidih, lalu ia cepat mengaduknya dengan sendok kayu supaya tidak meluap. Sendok kayunya diselipkan dibelakangnya.Sementara itu ia mencari mangkok untuk mencicipi masakannya itu. Sendok yang diselipkan di belakang pinggangnya itu dilupakan, tidak tahu dimana tadi diletakkan,lalu ia kesana-kemari mencarinya.Istrinya yang melihat hal itu dari jauh dan tahu apa yang dicari oleh lakinya,tidak tahan lalu berbicara ” Apa yang kamu cari berkeliling?”, berkata lakinya,dengan dana marah : ” apa-apa yang kucari jangan kerongkonganmu yang berbicara!”, berkata istrinya :”Barangkali yang dicari sendok,itu terselip dibelakangmu”.

Barulah ia ingattadi dia menyelipkan sendok itu dipinggang belakangnya,tapi tetap ia membikin dirinya marah lalu berkata :”Diam, tutup mulut busukmu.Sendok memang sengaja aku selipkan tadi, yang memang kucari adalah iken (tempat meletakkan priuk supaya tidak terguling).”

Berkata Istrinya :”Kamu cari iken kan juga ada di dekatmu.” Mereka berdua lalu berbicara lagi tidak saling acuh.(Sumber : Buku Lelampak Lendong Kaoq karya H.Lalu Lukman)

 

 

 

Tinggalkan Balasan